Rabu, 06 Oktober 2010

Istana Air Taman Sari

























Istana Air Taman Sari di bangun pada pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono pertama pada tahun 1758 dan selesai pada tahun 1765 ( dalam bahasa jawa berbunyi " Lajering sekar sineseping peksi " yang artinya1684 pada tanggalan Jawa ).
Sengkalan Memet yang terdapat di bangunan Taman Sari berupa sebuah relief bunga dan terdapat burung yang sedang menghisap sari - sari bunga tersebut.
selain membangun Keraton, Sri Sultan Hamengkubuwono pertama juga membangun Taman Sari dan Masjid besar. Alasan di bangun nya Taman Sari karena Kerajaan laut Selatan mengalami wabah penyakit dan penduduknya di ungsikan, karena tidak ada tempat menampug, Sri Sultan Hamengkubuwono pertama membangunkan sebuah Istana Taman Air di sebelah Barat Keraton Jogja. Istana ini merupakan Istana kecil yang dikelilingi danau buatan, di tengah Taman Sari terdapat tiga buah kolam pemandian di sebut " umbul winangon " yang di fungsikan pada jaman Sri Sultan Hamengkubuwono pertama.setelah pergantian Sultan, Taman Sari terbengkalai hingga saat ini.
saat ini banyak yang mengatakan bahwa adanya Taman Sari sebagai rasa terimakasih Sultan pada istri - istrinya yang membantu perjuangan beliau.

2 komentar:

  1. wah, keren tuh istana! Ada fotonya gak??? Jadi pengen datang kesana melihat-lihat, dan mandi di permandiannya;)

    BalasHapus